Senin, 08 September 2008

Membina Hubungan Persahabatan

A. PENDAHULUAN

1. Latar belakang

Apa yang kita alami demi teman-teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempuyai nilai yang indah. Persahabatan sering menyuguhkan berbagai cobaan tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya.

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur, disakit, diperhatikan, dikecewakan didengar, diabaikan, dibantu, ditolak, namun semua itu tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian.

Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena hasinya ia memberanikan diri mengegur apa adanya.

Proses dari teman menjadi sahabat usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataan kasih dari orang lain, tetepi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya atau dapat dikatakan rela untuk berkorban demi mendapatkan apa yang di hajatkan oleh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis, semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati idahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena di khianati sahabatnya.

Begitu banyak orang yang membutuhkan bantuan dari orang lain dan mengharap akan pengorbanan dari diri orang lain terhadapnya, karena manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian, namun ketika orang lain membutuhkannya dia tidak bisa dan bahkan merasa rugi untuk berbuat/ rela berkorban demi kepentingan temannya tersebut.

2. Rumusan masalah

Dari latar belakang tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk merumuskan masalah yang antara laian :

a. Apakah hakikat dari sebuah persahabatan ?

b. Apa saja yang dapat mendukung terbinanya persahabatan ?

c. Seberapa besar peran sahabat dalam kehidupan kita ?

B. PEMBAHASAN

1. Hakikat persahabatan

Sahabat merupakan suatu makna kata yang lebih dalam dari pada kata ”teman” sahabat adalah orang yang selalu berada di sisi kita dalam setiap moment yang terjadi dalam hidup kita, yaitu dalam kesukaran dan kedukaan. Sahabat adalah suatu anugrah yang diberikan Allah kepada seseorang yang memang telah ditentukannya, karena sahabat bukanlah sembarangan teman yang dapat kita dapat jumpai dimana-mana dan berlalu membiarkan kita sendirian dalam menempuh kehidupan ini.

Seperti kata pepatah ”satu orang musuh tersah begitu banyak tetapi seribu orang teman tersa begitu sedikik namun sribu orang teman dapat di wakilkan oleh satu orang sahabat”. Begitulah kehidupan, lebih mudah menciptakan permasalahan, dan mencari teman dari pada mendapatkan dan menjaga persahabatan. Untuk itu diperlukan suatu kajian dan kecermatan dalam memilih teman yang akan di jadikan sahabat.

Salah satu yang menjadi kareakter dari seorang sahabat adalah adanya perasaan kasih sayang terhadap sahabatnya dan berusaha untuk tetap menjaga hubungan silaturrahim, sekalipun ia telah disakiti, dihina, difitnah atau di jatuhkan, dengan tujuan mengharap keridhoan Allah SWT.

Allah SWT menegaskan bahwa perbuatan paling keterlaluan yang dilakukan oleh para pembagkang yang menyimpang dari kebenaran adalah memutuskan tali kasih sayang yang diperintahkan Allah untuk menyambungnya.

”Dan orang-orang yang merusak janji Allah setelah di ikrarkan dengan teguh dan memutuskan (silaturrahim) yang Allah perintahkan supaya di hubungkan dan mengadakan kerusakan di bumi, orang-orang itulah yang memperoleh kutukan dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahanam)”.(Q.S.Ar-Ra’d: 25)[1].

2. Memelihara hubungan kekerabatan

Akidah Islam telah menumbuhkan rasa peduli sosial dalam sanubari setipa individu dengan berbagai metode dan cara, antara lain :

a. Membangkitkan rasa ikut bertanggung jawab terhadap nasib orang lain (dalam sanubarai setiap individu)

b. Menumbuhkan jiwa berkorban dan lebih memementingkan orang lain

c. Menumbuhkan rasa kebersamaan [2]

Al-Qur'an yang muli menganjurkan para pengikitnya untuk lebih mementingkan orang lan dari pada dirinya sendiri dan memuji jiwa berkorban yang dimiliki muslimin.

Nabi Muhammad SAW, bersabda yang artinya : Barang siapa yang berjalan dalam kerangka untuk menolong dan memberikan kemanfaatan kepada saudaranya, maka baginya pahala seperti orang-orang yang berperang di jalan Allah”. Sabdanya yang lain ” Sesungguhnya Allah mempunyai beberapa mahluk yang diciptakannya dalam kerangka untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia. Dia bersumpah pada Dzat-nya uantuk tidak menyikasa mereka dengan mereka. Apabila telah datang hari kiamat, diletakkan lah mimbar-mimbar dari cahaya untuk mereka berbicara dengan Allah SWT, sementara manusia masih dalam hisab”. [3]

Sementara seperti yang di riwayatkan oleh Imam Muslim dari Rasulullah SAW, bahwa beliau bersabda, hak seorang muslim terhadap muslim yang lain ada enam, yaitu :

1. Jika bertemu maka berilah salam

2. Jika tidak kelihatan maka cari tahulah

3. Jika sakit maka jenguklah

4. Jika mengundang maka penuhilah

5. J ika bersin dan mengucapkan hamdalah, maka jawablah dengan ucapan

”yarhamukallah”

6. Jika meninggal dunia maka antarkanlah (ke pemakaman).[4]

Disamping ke enam hal tersebut yang hars kita perhatikan dan menjadi bagian dari hak seorang muslim terhadap muslim yang lain, maka untuk menjadi seorang sahabat tidaklah semudah menjadi seorang teman. Adapun yang dapat menjaga hubungan persahabatan atau kekerabatan antara lain sebagai berikut :

a. Ungkapkan cita karena Allah.

Anas r.a. meriwayatkan, ada laki-laki di sisi Nabi SAW, tiba-tiba ada sahabat lain yang berlalu, laki-laki tersebut lalu berkata. Ya Rasulullah sungguh saya mencintai orang itu (karena Allah). Maka Nabi bertanya apakah engkau telah memberikan kepadanya ? belum” jawab laki-laki itu. Nabi bersabda maka bangkit dan beritahukanlah kepadanya, niscaya akan mengokohkan kasih sayang di antara kalan. Lalu ia bangkit dan memberitahukan, sungguh saya mencintai anda karena Allah” maka orang itu berkta” semoga Allah mencintaimu, yang engkau mencintai ku karena-nya”. (H.R. Ahmad, di sahkan oleh Al-Albani).

b. Lemah lembut, bermuka manis dan saling memberi hadiah

Termasuk yang membantu langgengnya cinta dan kasih sayang adalah saling memberi hadiah diantara sesama sahabat.

Rasululah SW bersabda ”saling berjabat tanganlah kalian, niscaya akan hilang kedengkian, saling memberi hadialah kalian, niscaya kalian saling mencintai dan hilang (dari kalian) kebencian. (H.R. Imam Malik).

c. Saling memberi nasehat

d. Berlapang dada dan berbaik sangka

Termasuk bumbu pergaulan dan persahabatan adalah bebaik sangka kepada sesama sahabat. yaitu selalu bersifat positif dan memaknai setiap sikap dan ucapan orang lain dengan persepsi dan gambaran yang baik tidak ditafsirkan negarif. Nabi bersabda yang artinya ” Jauhkanlah oleh kalian berburuk sangka karena buruk sangka adalah pembicaraan yang paling dusta (H.R.Bukhari dan Muslim). Yang dimaksud buruk sangka disini adalah dugaan yang tanpa dasar.

e. Menjaga rahasia[5]

Sahabat dan saudara sejati adalah sahabat yang bisa menjaga rahasia sahabatnya. Orang yang membeberkan rahasia sahabatnya adalah seorang penghianat terhadap amanat. Berkhianat terhadap amanat adalah termasuk salah satu sifat orang munafik.

3. Peran Sahabat

Dalam memuji jalinan persaudaraa antara sesama muslim, Rasullullah pernah bersabda: Barang siapa yang dikehendaki Allah kebaikan baginya, maka akan di karunai-NYA, seorang sahabat karib yang soleh : jika ia terlupa niscaya ia akan diingatkan olehnya dan jika ia teringat kepadanya niscaya ia membantunya. Dan perumpamaan dua saudara yang sedang bertemu adalah bagaikan dua belah tangan yang satu sama lain saling mencuci. Dan tidaklah berjumpa dua orang mukmin kecuali Allah SWT. memberikan salah seorang dari mereka kebaikan dari temannya.

Seorang mukmin adalah saudara bagi sesama muslim, dia adalah matanya, cerminnya dan petunjuk jalannya. Dia tidak akan menghianati, memperdayakan, menganiaya, membohongi, dan mengumpatnya. Nabi saw. bersabda ” Bertakwalah kalian kepada Allah SWT. dan jadilah kalian saudara-saudara yang senantiasa berbuat baik kepada sesamanya, saling mencintai karena Allah, saling menghubungi, saling merendahkan diri, saling mengasihani, saling mengunjungi, dan saling bertemu, serta hidupkan ajaran kami. (ahlul bait)[6]

Dalam Islam, prinsip menolong sahabat adalah bukan berdasar permintaan dan keinginan hawa nafsu sahabat. Tetapi prinsip menolong sahabat adalah keinginan untuk menunjukkan dan memberi kebaikan, menjelaskan kebenaran dan tidak menipu serta berbasa-basi dengan mereka dalam urusan agama Allah. Termasuk didalamnya adalah amar ma’ruf nahi munkar, meskipun bertentangan dengan keinginan sahabat.

Adapun mengikuti kemauan teman yang keliru dengan alasan solidaritas, atau berbasa-basi dengan mereka atas nama persahabatan, supaya mereka tidak lari dan meninggalkan kita, maka yang demikian ini bukanlah tuntutan Islam.

Makna seorang sahabat bagi setiap individu tentunya berbeda-beda, peran sahabat terhadap diri kita sangat berpengaruh besar sehingga sudah sepatutnya kita mencintai sahabat-sahabat kita sebagaimana cintanya kita terhadap diri sendiri, karena makna seorang sahabat begitu besar bagi kita.

Sahabat tidak menyuruh anda berhenti bersedih ketika anda sedang bersedih, mereka tidak menawarkan pemecaha untuk masalah yang tidak ingin anda pecahkan, mereka tidak memetong pembicaraan waktu anda ingin bicara, mereka ikut tertawa ketika anda tidak bisa berhenti tertawa, sahabat akan tidur di sofa agar anda bisa tidur di tempat tidurnya. Karena sahabat seperti pintu yang terbuka tapi dia bukan keset kaki yang bisa diinjak.

C. PENUTUP

Persahabatan yang dijalin karena kepentingan duniawi tidak mungkin bisa langgeng. Bila manfaat duniawi sudah tidak diperoleh biasanya mereka dengan sendirinya berpisah bahkan mungkin saling bermusuhan. Berbeda dengan persahabatan yang dijalin karena Allah, mereka akan menjadi saudara yang saling mencintai, mengasihi, menyayangi, dan saling membantu, dan persaudaraan itu akan tetap berlanjut hingga dinegeri akhirat. Allah berfirman, yang artinya : Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali bagi orang-orang yang bertakwa ( QS. Az-zukhruf : 67)

Ya Allah anugerahilah kami hati yang bisa mencintai sahabat-sahabat kami hanya karena mengharap keridhaan-Mu. Amin (ibnu umar)

D. DAFTRA PUSTAKA

-Hasan, M. Syamsi, Terjemahan” Menyingkap Rahasia Qalbu al-Ghazali, Surabaya: Amelia

-Zahrah, Muhammad Abu, 1994, Membangun Masyarakat Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus

-WWW. Al-Shia.com/html/id/books/peran%2akidah/04.

-Blog.or.id.id/ islam/indeks.php./6-hak seorang muslim yang lain.2006-04-20

-Publikasi: al Sofwah.or.id

Dari Sahal Ibnu Sa’ad r.a. berkata : datang Seorang laki-laki kepada Nabi Saw dan berkata, Wahai Rasulullah tunjukanlah padaku atas perbuatan yang apabila aku mengerjakannya Allah mencintaiku dan manusia juga mencintaiku, maka Rasulullah berkata “berjihadlah di dunia maka Allah akan mencintaimu dan berjihadlah dengan apa-apa yang di sisi manusia maka engkau akan di cintai manusia. (H.R.Ibnu Majah dan yang lainnya dan disanadkan dari Hasan)


[1] Muhammad Abu Zahrah, Membangun Masyarakat Islam, (Jakarta: Pustaka Firdaus,1994), h. 49

[2] WWW. Al-Shia.com/html/id/books/peran%2akidah/04.

[3] M.Syamsi Hasan, Terjemahan” Menyingkap Rahasia Qalbu al-Ghazali, (Surabaya: Amelia),h. 343

[4] Blog.or.id.id/ islam/indeks.php./6-hak seorang muslim yang lain.2006-04-20

[5] Publikasi: al Sofwah.or.id

[6] Al-Shia. Op,Cit

1 komentar:

paschalwagenknecht mengatakan...

Black Titanium Rings, 1.2 cm (5 x 4 in.) 2.2 cm (10
Download titanium plate flat irons Black black titanium rings Titanium Rings, 1.2 babyliss titanium flat iron cm (5 x 4 in.) 2.2 cm (10 Made of Ceramic Alloy, titanium nose jewelry Ceramic Oxides, Solid Gold, Copper. Rating: 4.9 · titanium vs stainless steel ‎11,914 reviews · ‎$4.95 · ‎In stock

W E L C O M E T O S A H A B A T S E J A T I

Untaian katamu ternyata palsu
Janji indah telah kau ingkari untuk teus menjadi sahabatku

Tahukah kau sobat???
Bahwa segala luka yang menyobek hatimu
Dapat juga ku rasakan dan menusuk jiwaku
Bahwa darah yang menetes dari luka itu
Seiring air mata yang mengalir di pipiku

Sadarkah kau sobat???
Bahwa kepedihan yang selalu tampak di wajahmu
Adalah mmpi terburuk yang membebaniku
Bahwa sikap dinginmu untukku
Adalah pedang yang terus menghujam dadaku

Dulu secercah tawamu yang indah
Selalu menggelitik jiwaku untuk tersenyum
Tapi kini semua tlah berubah
Dan bukan lagi kebahagiaan
yang mamapu kau berikan padaku

Karena sahabat…
Kau khianati aq
dan kau cemari ikatan kita
Kau dengan mudah melepas jemariku
Padahal kau melihat aku
Rapuh tanpa kau di sampingku

Aku ingin kau jadi sahabat seumur hidupku
Tapi sebuah sungutan yg selalu ku dapat
Bila ku salah…
Sebuah nasehat yang selalu membimbingku bila ku marah
Takkan pernah jadi milikku
Kemana aku harus mencari semua???

Kau meninggalkan ku dengan alasan yang mengada-ada
Kau menarik dirimu
Di saat aku masih bertahan menyelamatkan semua
Kini apa yang bisa ku raih lagi???
Hanya tatapan dingin
Kebungkaman,kata-kata kasar dan pengkhianatan

Mengapa kau rusak hubungan ini???
Dengan kebohonganmu,kebosananmu,dan kepura-puraanmu???
Kau memang sungguh tega temanku
Kau hanya menganggap persahabatan kita
Dalam bentuk saling memanfaatkan

Kenapa aku yang kau sakiti???
Kenapa kita bisa mengenal???
Dan kenapa aku terlalu percaya padamu???

Jawaban itu takkan pernah ada sahabat
Yang ada hanyalah kerianganmu terbebas dariku
Dan kesakitanku yang sangat menyiksa

Terus ku bertanya padamu
Apakah ada kata sahabat di hidupmu??
seperti apa sahabat yang sempurna untukmu???
Dan kenapa kau tinggalkan aq??

Tapi kau takkan mau menjawab
Cuma penggalan kalimat
yang bisa kau utarakan
“Aku tak bisa jadi Sahabatmu”

Sudahlah sobat
sekarang cumaberibu maaf untukmu dariku
Maaf bila ku yang bersalah
Hingga persahabatan ini berakhir
Maaf bila terus mengusik
kehidupanmu sekarang yang begitu indah
MAAF SEKALI LAGI MAAF…
Bila sampai kapanpun
ku takkan pernah bisa menghapus
Semua bayanganmu

Meski kau telah pergi dan takkan kembali
Meski kau ingin menuntaskanku
Dan menghapus aku dari hidupmu
Dan meski kau hanya sahabat yang membawa luka bagiku

Bagiku…
Kau selalu jadi sahabatku
Selalu dalam hidupku
Karena kau adalah sahabat
Yang memiliki arti
Dari dulu sampai sekarang